Selasa, 26 April 2022

 Nama : Saiful Umam

NPM : 201946500431

Kelas : S6D


Analisis Semiotika Pada Iklan Media Digital Dalam Membangun Brand Image


Banyak hal yang saya pelajari dalam ilmu desain komunikasi visual (DKV). DKV sendiri memiliki pengertian ilmu yang mempelajari konsep komunikasi secara visual dengan mengelola elemen - elemen grafis berupa gambar, huruf, layout dan komposisi warna sebagai penyampaian pesan yang kreatif.


Berbagai hal dalam penyampaian pesan menggunakan ilmu dkv, salah satunya perancangan iklan pada media digital sebagai persepsi citra dalam membangun kesadaran masyarakat (brand image). Iklan merupakan salah satu bentuk penyampaian pesan di media massa. Iklan berperan penting dalam mempromosikan barang dan membangun brand image atau kesadaran masyarakat.


Semiotika merupakan metode analisis yang mengkaji suatu objek untuk mengetahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. Semiotika merupakan ilmu yang yang mempelajari objek - objek suatu peristiwa sebagai tanda (Sobur, 2001). Iklan selain sebagai media promosi, juga terdapat tanda - tanda yang memiliki makna tersendiri dalam membangun kesadaran masyarakat (brand image).


Menurut saya, hal ini unik untuk di teliti lebih dalam lagi mengenai tanda - tanda untuk memaknai suatu iklan pada media digital. Bagaimana iklan tersebut berhasil membangun brand image atau kesadaran masyarakat sehingga iklan tersebut mudah di ingat oleh khalayak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kajian Literatur

 Kajian literatur : Analisis Semiotika karya Ican Harem yang mengeksplorasi fenomena subkultur  Buku Personal branding: personal branding ya...